Antara PNS, Game Plant VS Zombi dan Saya



Di suatu hari yang terik. Tepatnya di sebuah istana terpencil yang belum selesai dibangun. Tersebutlah seorang bapak tengah anteng bermain game Plant VS Zombi. Hebat. Jemarinya lincah mengeklik matahari, guna mengumpulkan poin untuk membeli tanaman penembak zombi. Beberapa menit, saya memperhatikannya. Sebenarnya tengah jenuh menunggu sang raja yang harus ditemui. Iseng, saya jadi memperhatikan si bapak yang tengah anteng main game.

Menyadari perilaku saya, ia pun menoleh. Lantas nyengir. Wajah tanpa dosa.

“Pak anteng aja, nih?” kata saya sok kenal.

Dia nyengir lagi. lalu dengan entengnya berkata, “Antosan sakedap deui ya neng. Pak Kadisnya masih ada tamu,” katanya. Lalu segera fokus pada layar. Main lagi.

Mendadak saya jadi kesal. Setahu saya, ini masih jam kerja. Tapi ia malah bermain. Namanya kantor dinas pariwisata. Si bapak merupakan Pegawai Negeri Sipil yang tentunya selalu dapat gaji bulanan dari negara. Si bapak tentunya dibayar untuk jadi pelayan masyarakat. Khususnya di bidang pariwisata dan kebudayaan. Tapi si bapak malah kedapatan asyik main game. Apakah di negeri ini sudah banyak orang yang tidak memperhatikan tanggung jawabnya?

Saya kerap menyaksikan perilaku orang-orang seenaknya. meludah, membuang sampah, mengambil barang, melakukan sesuatu hal, yang semuanya dilakukan sembarangan, seenaknya. Tak jarang perilaku itu membuat orang-orang disekitarnya jengkel, bahkan mendoakan keburukan untuk si pelaku. Tapi mereka tak peduli. Mereka terlalu mementingkan kenyamanan dan kemudahannya sendiri. Apalagi jika perilaku mereka sampai melanggar tanggung jawab. Adakah mereka tak beriman kepada Allah?  

Baiklah. Sejak tadi membicarakan tentang “Mereka”, saya tak boleh lupa berkaca. Saya pun mungkin seperti mereka. Hanya saja tak merasa. Maka, selalulah ingatkan saya.

***

Mari mencoba berpikir positif. Mungkin si bapak bermain game untuk rehat sejenak melepas lelah. Mungkin dari pagi hingga jam sepuluh pagi ini dia sudah lelah bekerja melayani kepentingan masyarakat. Hanya kebetulan saja saya memergokinya berlaku begitu, dan tak merasa berdosa karena ini perbuatan yang wajar-wajar saja. Bukankah refreshing sejenak itu baik untuk meningkatkan kinerja?

Atau mungkin saja, bermain game Plant VS Zombi merupakan bagian dari agenda kerja. ia mungkin sedang meneliti dampak buruk dari permainan yang sempat booming beberapa tahun lalu itu. atau ia sedang meneliti aspek visual dengan kebudayaan di kabupaten ini. entahlah. Hanya dia dan Allah yang tahu.

Saya pun tak mau lama-lama memelihara kekesalan ini. Karena sang raja sudah bisa ditemui. Tentu saya harus fokus pada sang raja. Saya ingin bertanya ini itu, termasuk bertanya tentang manfaat bermain Plant VS Zombi untuk kemaslahatan umat.

*Ketika sedang teringat seorang teman yang tak bisa dihubungi. Kabar terakhir, dia sakit. Semoga cepat sembuh. Kamis, 13 Februari 2014
Sumber Gambar dari: pixabay.com


Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Antara PNS, Game Plant VS Zombi dan Saya "

Posting Komentar