Lima Fakta Unik Seputar Sasak Gantung Angsana- yang “Mahir” Bergoyang Seksi

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi


Jika ditanya tentang area paling seksi di Desa Mekarwangi, Pagaden Barat, Subang, maka jawabannya adalah “Sasak Gantung Angsana”. Posisi jembatan ini cukup strategis karena menghubungkan Kampung Angsana dengan Kampung Cikaum. Dua kampung yang banyak penduduknya ini terpisahkan oleh sungai besar, makanya Sasak Gantung Angsana sangat diandalkan untuk menjadi jalan perlintasan utama. 

Mengingat posisinya yang strategis, orang-orang kerap melalui jalan ini meski dengan sensasi ngeri-ngeri sedap. Pasalnya, jembatan yang membentang sepanjang 150 meter dan lebar 1,5 meter ini membuat kita bergoyang-goyang asyik sejak pijakan pertama.

Makin melangkah ke tengah hingga ke ujung jembatan, goyangan jembatan yang terdiri dari anyaman bambu ini akan semakin terasa. Bagi orang yang berani, mungkin goyangan di sasak gantung akan terasa biasa-biasa saja. Tapi bagi mereka yang penakut, sensasi goyangan akan menimbulkan rasa takut jatuh ke sungai yang mengalir di bawah jembatan.  

Selain mahir bergoyang sehingga menimbulkan efek ngeri-ngeri sedap, Sasak Gantung Angsana rupanya memiliki sejumlah fakta unik yang jarang diketahui orang. Maka pada artikel kali ini, kami selaku penduduk asli yang tinggal di sekitar Sasak Gantung akan berbagi informasi seputar fakta unik tersebut. Yuk kita simak uraiannya berikut ini:

1. Area Paling Angker, Tapi Juga Paling Ramai

Kesan angker memang sangat terasa di area Sasak Gantung Angsana, karena di sekitar area sasak gantung dikelilingi pohon bamboo dan pohon rimbun lainnya. Selain goyangannya yang menakutkan ketika melintas, Sasak Gantung memiliki penerangan yang minim sehingga aura horror semakin terasa kala malam datang.

Anehnya, meski paling angker, jembatan ini justru paling ramai oleh orang-orang yang melintas. Ini mungkin disebabkan lokasinya yang strategis, serta penduduk desa Mekarwangi yang memang pemberani.

Nah, coba pikir! Di mana ada jalan angker tapi ramai? Jawabannya ya hanya di Sasak Gantung Angsana. Inilah yang kemudian membuatnya jadi unik dan punya daya tarik.

2. Pernah Jadi Lokasi Shooting Film Action Barry Prima

Kejadian ini terjadi di era 90-an, di mana rombongan orang kota dan sejumlah artis datang untuk melakukan shooting film. Di antara artis yang jadi pemain utama kala itu adalah aktor ganteng Barry Prima. Jadilah saat itu Sasak Gantung Angsana penuh dengan lautan manusia. Sayangnya, jejak digital kejadian bersejarah itu tidak ada karena mungkin juragan sawah dan pak haji belum ada yang punya handphone berkamera canggih. 

3. Lokasi Wisata Murah Meriah

Sasak Gantung Angsana bersifat dinamis. Ia tidak hanya berfungsi menghubungkan dua kampung yang terpisah oleh Sungai Ciasem, tapi juga bisa dijadikan obyek wisata gratisan. Buktinya, kerap kami dapati anak-anak SD Cikondang (salah satu kampung di Mekarwangi) atau anak sekolah lainnya kerap menjadikan lokasiini untuk bagi rapor atau piknik sederhana. Mungkin alasannya klasik, yakni ingin berwisata hemat karena budget jalan jalan terbatas alias miskin. hehehe.

4. Pernah Putus Dua Kali dalam Seminggu

Air sungai yang meluap membuat jembatan jadi rentan putus. Dalam suatu momen, jembatan pernah putus dua kali dalam seminggu karena kebanjiran. Tentu saja hal ini membutuhkan perbaikan yang danaya diperoleh dari sumbangan masyarakat setempat.

Tapi Alhamdulillah… Sepengetahuan kami, Sasak Gantung Angsana belum pernah makan korban.

5. Belum Bisa Ditembus Mobil dan Proposal

Ukuran lebar dan kekuatan jembatan yang terbatas membuatnya mustahil dilewati oleh kendaraan roda empat atau mobil. Untuk kendaraan roda dua saja, kita tidak boleh melintas dengan berboncengan karena dikhawatirkan jembatan tidak kuat menahan beban.

Yang unik, bukan hanya mobil yang susah menembus jembatan. Tapi proposal dana renovasi Sasak Gantung Angsana juga susah tembus alias sulit cair. Entah aa alasan pemerintah setempat sulit menggulirkan dana untuk membuat sasak gantung angsana lebih kuat dan permanen. Mungkin kita bisa bertanya pada rumput yang bergoyang.

Padahal pembangunan Sasak Gantung Angsana secara permanen sudah setengah jalan. Sebab, pada 2017 sudah dibangun fondasi jembatannya. Keberlanjutan pembangunan Sasak Gantung Angsana pun masih jadi misteri hingga kini.

***

Demikianlah 5 fakta unik seputar Sasak Gantung versi Mimil Ijmas Si Tukang Tahu yang kantornya deket Sasak Gantung Angsana.

Akhir kata, sekian dan terima kasih.

Kontributor: Kamil Ludin
Editor: Sonia Fitri
Ini dia kontributor perdana-nya Blog Animanimaniac yang lumayan narsis tapi manis. Hehe...
Semoga beliau sering-sering menulis meskipun gratis. :D

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

2 Responses to "Lima Fakta Unik Seputar Sasak Gantung Angsana- yang “Mahir” Bergoyang Seksi"