Cara Baru Cari Kerja: Cara Mudah Dapat Penghasilan Ala Emak-Emak Milenial



Kata siapa sumber keuangan rumah tangga harus melulu dari suami? Meskipun kebutuhan rumah tangga sudah tercukupi oleh penghasilan suami, jangan menutup kesempatan bagi istri untuk melakukan pencarian kerja sehingga memiliki penghasilan sendiri. Era digital sudah sangat berkembang sehingga memudahkan siapa saja untuk berkarya dan berbisnis apa saja tanpa banyak kendala.

Sebagian orang mungkin protes dengan pendapat ini. Ya, saya tahu kalau tugas ibu rumah tangga luar biasa berat. Apalagi jika sudah punya anak dan tidak punya asisten rumah tangga. Meski kerap dianggap sepele, para emak-emak milenial harus berusaha keras melawan bosan untuk melakukan rutinitas harian dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Mereka juga harus pandai mengelola emosi agar urusan domestik tidak berantakan. Belum lagi interaksi dengan mertua, saudara dan tetangga yang tidak selamanya manis. Manajemen emosi dan energi para emak benar-benar harus super ekstra. Saya tahu betul situasi itu karena saya saat ini sedang berada di posisi tersebut.

Lalu mengapa tetap harus punya penghasilan sendiri? Jangan dulu emosi! Coba simak dulu uraian berikut ini:

1. Jangan Bergantung Pada manusia!

Suami itu manusia dan sebaiknya kita tidak bergantung sepenuhnya pada manusia. Mungkin kamu punya suami yang sering naik gaji, kaya raya yang royal pada istri. Tapi bagaimana jika sebaliknya? Berapa pun penghasilan suamimu, kamu harus bersyukur dan tetap menegaskan kemandirian dengan cara memiliki penghasilan sendiri.

Kamu dan suami juga tentu saja harus sepakat kalau tugas-tugas rumah tangga tidak harus diselesaikan sendirian oleh istri. Berbagilah dengan suami untuk tugas mencuci pakaian, bersih-bersih rumah atau menjaga anak. Ingat! Kamu bukan asisten rumah tangga melainkan istri yang juga harus mendukung dan didukung oleh suaminya dalam hal apa saja.

2. Semangat Apresiasi Diri

Apapun passion dan keahlianmu, janganlah diredupkan dengan alasan sudah menjadi istri dan ibu dari anak-anak yang lucu. Kamu tetap harus berkarya dengan hati yang bahagia, bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari karyamu itu.

Misalnya, kamu punya passion dan keahlian di bidang menulis konten. Meski kamu sudah sibuk dengan pekerjaan rumah, kamu tetap harus mengapresiasi diri di momen-momen me time dengan tetap menulis. Jika kamu menemukan media yang tepat, tulisan-tulisanmu bahkan bisa dibayar!

Sama halnya ketika kamu ahli berdagang, membuat desain, memasak, memotivasi orang atau layanan lainnya. Kecanggihan era digital membuka peluang bagi kamu untuk tetap berkarya dan dipertemukan dengan orang-orang yang sudi membayarnya.

3. Kerja Tidak Harus Ngantor

Jika kantor utamamu adalah di rumah, maka carilah pekerjaan paruh waktu yang dinamis sehingga bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Cari kerja Indonesia sudah semakin dinamis, jadi jangan terpaku oleh hambatan-hambatan yang sebenarnya diciptakan oleh diri kamu sendiri.

Pertanyaan berikutnya, di mana kamu bisa mendapatkan orang yang mau membayar keahlian atau hasil karyamu?

Kalau saya pribadi mengandalkan EKRUT, semacam talent marketplace, di mana kita berposisi sebagai produk, dan perusahaan-perusahaan atau siapa saja yang membutuhkan jasa dan keahlian kita berposisi sebagai pembelinya.

Bagi saya, EKRUT benar-benar memudahkan saya untuk mendapatkan penghasilan dengan cepat meski hanya di rumah saja. Bukan Cuma buat emak-emak, marketplace jenis ini juga pastinya sangat membantu siapa saja yang ingin cari kerja atau dapat penghasilan dengan cepat dan mudah.

Kamu tidak perlu bolak-balik bikin CV dan lamaran kerja. Dengan sistem marketplace, semuanya bisa berlangsung secara otomatis, jadi ketika ada yang menghubungi lapak-mu untuk suatu pekerjaan, kamu bisa segera meresponsnya, segera bekerja, lalu mendapat bayaran yang sesuai ketika pekerjaanmu selesai.

Pada intinya, mari menjadi emak-emak milenial yang mandiri dan pandai mengapresiasi diri. Menjadi ibu rumah tangga memang banyak tantangannya. Tapi ketika kamu lelah dengan produktif, percayalah bahwa itu akan berdampak baik pada kesehatan jiwa dan ragamu, serta rumah tanggamu.  

 

Untuk berlangganan 'Artikel Terbaru Via E-mail', silahkan masukan e-mail anda di bawah ini :

0 Response to "Cara Baru Cari Kerja: Cara Mudah Dapat Penghasilan Ala Emak-Emak Milenial"

Posting Komentar